Ini Lima Manfaat Donor Darah untuk Kesehatan Sang Pendonor

- 29 Januari 2024, 07:30 WIB
Ilustrasi donor darah
Ilustrasi donor darah /prfmnews/

PRIANGANTIMURMEWS - Donor darah ternyata tidak hanya bermanfaat bagi orang lain, tetapi juga memiliki manfaat kesehatan bagi sang pendonor.

Dilaporkan dari berbagai sumber, Minggu 28 Januari 2024, berikut beberapa manfaat donor darah bagi kesehatan.

1. Meminimalisir Risiko Penyakit Jantung
Donor darah secara rutin dapat membawa manfaat luar biasa karena bisa meningkatkan aliran darah, mengurangi risiko penyumbatan arteri, bahkan memberikan perlindungan hingga 88 persen dari serangan jantung.

Baca Juga: Wisuda Akbar Forum Hufazil Qur'an Tingkat Jabar, Usung Tema Al-Qur'an Solusi Terbaik Untuk Umat

2. Meningkatkan Produksi Sel Darah Merah
Ketika Anda mendonorkan darah, tubuh merespons dengan memproduksi sel darah merah baru untuk menggantikan yang telah disumbangkan. Hal ini dapat membantu meningkatkan produksi sel darah merah, terutama bagi orang yang mengalami anemia.

3. Mengurangi Kekentalan Darah dalam Tubuh
Manfaat selanjutnya dari mendonorkan darah adalah dapat mengurangi kekentalan darah, yang merupakan salah satu faktor risiko utama penyakit jantung. Donor darah dapat membantu tubuh dalam membuang kelebihan zat besi, yang dapat menyebabkan oksidasi kolesterol.

4. Menurunkan Tingkat Kolesterol
Manfaat donor yang tak kalah penting adalah dapat membantu menurunkan tingkat kolesterol dalam tubuh. Menurut sejumlah penelitian, mendonorkan darah dapat membantu mengurangi kadar LDL (kolesterol jahat) seiring dengan berjalannya waktu pendarahan.

Baca Juga: Terlibat Perdagangan Orang, Dua Orang Ditangkap Polisi di Banten-Jabar

5. Mengurangi Risiko Kanker
Paparan radikal bebas dalam tubuh diidentifikasi sebagai pemicu utama sel kanker. Hal ini karena terjadi radikal bebas cenderung mengumpul dalam peredaran darah. Dengan donor darah, risiko kanker sepert kanker hati, paru-paru, usus besar, dan perut dapat diminimalkan.

Demikian manfaat donor darah bagi
Kesehatan tubuh anda. ***

Halaman:

Editor: Muh Romli


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x