Lombok Siap Dijadikan Pusat Budidaya Lobster Sampai Kelas Dunia

- 24 Maret 2021, 19:09 WIB
Ilustrasi lobster.
Ilustrasi lobster. /Orazio Foti/Pixabay/

PRIANGANTIMURNEWS - Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono menyebut pihaknya komitmen dalam mendukung budidaya lobster dalam negeri.

Bahkan dia sudah menargetkan Lombok menjadi pusat budidaya lobster yang nantinya menjadi rujukan negara lain.


"Saya ingin menjadikan Lombok sebagai pusat budi daya lobster. Bahkan sampai kelas dunia. Semangatnya harus begitu," ujar Trenggono dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Rabu 24 Maret 2021.

Baca Juga: Bangun Peradaban Keunggulan Bangsa, Presiden Jokowi Utamakan Pembangunan Insfrastruktur

Menteri Kelautan dan Perikanan telah melakukan dialog dengan penangkap benur dan pembudi daya lobster di berbagai sentra budi daya lobster, termasuk meninjau langsung keramba jaring apung milik masyarakat.


Untuk mendukung produktivitas budi daya lobster dalam negeri, ujar dia, proses birokrasi perizinan budi daya akan dipermudah.

Kementerian Kelautan dan Perikanan, lanjutnya, juga akan memberikan bantuan sarana dan prasarana, pendampingan bagi para pembudi daya, hingga menyiapkan pasar.

Menteri Trenggono menegaskan komitmennya dalam memerangi penyelundupan benur ke luar negeri, serta mengajak para penangkap benur untuk tidak menjual benur kepada oknum-oknum yang terlibat dalam perdagangan ilegal.

Baca Juga: Seorang Petani di Tasikmalaya Kritis Setelah Diserang Seekor Babi Hutan

"Benur kekayaan bangsa ini. Kalau ada yang mau ekspor benur untuk memperkaya orang luar negeri, saya lawan. Tapi kalau untuk budi daya di sini, saya dukung sampai mati," tegasnya.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x