Keberadaan Pelabuhan Kelas III di Pangandaran Dilirik Sejumlah Pengusaha

- 26 April 2021, 20:49 WIB
Dengan telah terpasangnya 5 buah alat bantu navigasi alur pelayaran ditargetkan pada awal tahun 2020 besok, pelabuhan Pangandaran di Bojongsalawe Parigi sudah beroperasi.
Dengan telah terpasangnya 5 buah alat bantu navigasi alur pelayaran ditargetkan pada awal tahun 2020 besok, pelabuhan Pangandaran di Bojongsalawe Parigi sudah beroperasi. /AGUS KUSNADI/

PRIANGANTIMURNEWS- Direktorat Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan memiliki program Tol Laut untuk menghidupkan perekonomian di wilayah selatan pulau Jawa dengan mendirikan beberapa pelabuhan. Seperti halnya di Pangandaran.

Pelabuhan kelas III Pangandaran berada di pantai Bojongsalawe, Desa Karangjaladri, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran.

Kepala Kantor Unit Pelaksana Pelabuhan (KUPP) Syahbandar Pangandaran Nana Rodiana SH.MSi mengatakan, sudah ada beberapa pengusaha yang berminat untuk menggunakan jasa pelabuhan kelas III di Pangandaran, diantaranya pengusaha batu kapur, pengusaha semen dan PT. Pasific Eastern Coconut Utama (Pecu) Pangandaran.

Baca Juga: Melalui Padat Karya, Tingkatkan Ekonomi Warga Nelayan Sekitar Pelabuhan Pangandaran Ditengah Pandemi Covid-19

"Para pengusaha tersebut sudah mendatangi kantor kami untuk mempertanyakan keberadaan pelabuhan," ungkap Nana, Senin, 26 April 2021.

Bahkan kata Nana yang mengaku baru tiga minggu menjabat sebagai Kepala KUPP Pangandaran, pihaknya masih menunggu ijin operasional aja dari Bupati Pangandaran.

"Kami masih menunggu ijin operasional dari Pak Bupati. Dalam waktu dekat ini kami akan menemui pak Bupati untuk membahas ijin tersebut," kata Nana.

Baca Juga: Ustad Abdul Somad Ajak Masyarakat Patungan Beli Kapal Pengganti Nanggala 402, Open Donasi Patungan Rakyat

Tidak hanya itu, kata dia, akses jalan keluar masuk dari jalan nasional ke pelabuhan pun menjadi fokus pembahasan dengan pemerintah daerah maupun pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x