Gus Ami Desak Pemerintah Mengenai Kenaikan Bahan Pokok Menjelang Hari Raya Idul Fitri

- 29 April 2021, 15:26 WIB
DPR RI, Gus Ami.
DPR RI, Gus Ami. /DPR RI/

PRIANGANTIMURNEWS– Kenaikan harga berbagai kebutuhan pokok merupakan hal yang sering terjadi bahkan sudah jadi hukum pasar saat menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Siklus tahunan ini tak pernah tertangani secara tuntas dan mendasar oleh pemerintah. Apalagi saat masa pandemi Covid-19, masyarakat bawah menjadi paling terdampak karena tidak memiliki pendapatan yang tinggi.

Wakil Ketua DPR RI Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat (Kersa) Muhaimin Iskandar atau dkarab disapa Gus Ami mengatakan, hal ini harus segera dilakukan pemerintah, yaitu dengan melakukan reposisi strategi dalam tata kelola kebijakan pangan dalam konteks yang lebih luas.

Baca Juga: Alat Swab Antigen Bekas Dipakai Ulang, Profesor Zubairi: Pelanggaran yang Amat Berat

Tata kelola disini untuk memastikan ketercukupan pasokan bahan makanan di Indonesia khususnya menjelang Hari Raya Idul Fitri, dan juga keterjangkauan daya beli masyarakat.

“Soal ketersedian pangan dan aksesibilitas bahan pangan ini adalah kunci,” ucap Muhaimin Iskandar atau Gus Ami pada hari Rabu, 28 April 2021.

Gus Ami juga mengatakan, setiap momen Idul Fitri, kenaikana harga-harga seolah menjadi menu utama wajib dan disinilah peran negara harus turut andil dalam kebijakan tersebut.

Menurutnya, negara harus mampu melakukan pemberdayaan sistem pasar serta mekanisme pemasaran yang efektif dan efisien, yang disempurnakan melalui kebijakan tata niaga.

Baca Juga: Ternyata, Sebelum KRI Nanggala-402 Tenggelam Komandan Kapal Heri Oktavian Sempat Keluhkan Kapal Sudah Tua

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: DPR RI


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x