Sebanyak 21 Sampel Makanan Takjil Dinyatakan Mengandung Bahan Berbahaya di Kota Tangerang

- 1 Mei 2021, 19:28 WIB
Dinas Kesehatan Kota Tanggerang lakukan pengetesan sample makanan takjil yang dinyatakan berbahaya.
Dinas Kesehatan Kota Tanggerang lakukan pengetesan sample makanan takjil yang dinyatakan berbahaya. /ANTARA/

PRIANGANTIMURNEWS– Kegiatan mencari makanan takjil pada bulan Ramadhan memang sudah merupakan budaya atau tradiri dari masa kemasa.

Namun berhati-hatilah dalam memilih dan membeli makanan takjil karena kita tidak tahu apakah makanan tersebut mengandung bahan yang berbahaya atau tidak.

Dinas Kesehatan Kota Tangerang melakukan pengujian sample takjil yang dijual diberbagai pusat keramaian guna mengetahui ada tidaknya kandungan kimia dan bakteri berbahaya.

Sekitar 401 sample takjil diuji kandungannya. Setelah melakukan pengetesan, hasilnya cukup mengejutkan, dari 401 sample yang di uji terdapat 21 sample makanan takjil dari bahan tahu hingga kikil yang mengandung abahan kimia ataupun bakteri berbahaya.

Baca Juga: Pemprov Jawa Barat Berikan Bantuan untuk Kupang, Ridwan Kamil: Jabar dan NTT Bersaudara

“Untuk jenis sampel yang ditemukan adanya kandungan berbahaya, didominasi jenis takjil berbagai tahu. Selain itu, juga ditemukan pada kikil, somay, ceker, seblak, krupuk pasir, pacar cina, arum manis hingga lumpia,” kata Kabid Kesehatan Masyarakat Dinkes Kota Tangerang, Banten dr.Harmayani dalam keterangannya. Dikutip priangantimurnews.pikiran-rakyat.com dari Antara, Sabtu 1 Mei 2021.

Harmayani mengatakan, terhadap 21 sampel tersebut akan didalami kandungan kimia dan bakterinya di UPT Labkesda Kota Tangerang. Dinkes pun akan melakukan tindak lanjut persuasif berupa pembinaan dan edukasi kepada para pedagang yang bersangkutan.

“Pada pembinaan atau proses edukasi, Dinkes akan memberitahu bahaya terparah akan kandungan kimia yang mereka pakai. Selain itu, Dinkes juga akan memberikan pemaparan jenis-jenis bahan pengganti yang aman atau layak untuk dimakan konsumen,” ujar Harmayani.

Baca Juga: Cek Fakta, Beredar Foto Jenazah yang Diduga Awak Kapal KRI Nanggala-402 di Facebook

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x