Variant of Concern di Indonesia Sudah Mencapai 145 Kasus

- 19 Juni 2021, 21:33 WIB
Peta sebaran varian of cincern (VOC) virus corona di 12 provinsi di Indonesia.
Peta sebaran varian of cincern (VOC) virus corona di 12 provinsi di Indonesia. /tangkapan layar dari akun Instagram @pandemictalks/

PRIANGANTIMURNEWS- Berbagai upaya Pemerinta Pusat, Provinsi dan Daerah untuk mencegah, memutus mata rantai penyebaran Covid-19 terus dilakukan dengan berbagai cara termasuk vaksinasi.

Selain upaya vaksinasi, pemerintah juga menekankan kepada seluruh lapisan masyarakat untuk selalu mengutamakan, menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas (5M).

Hal tersebut mengingat saat ini secara nasional di Indonesia penyebaran Covid-19 terus mengalami peningkatan hingga per tgl 19 Juni angka positif covid-19 telah mencapai 1.976.172, sembuh 1.786.143, meninggal 54.291.

Baca Juga: 10 Manfaat jambu Biji untuk Kesehatan

Bahkan saat ini menurut data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah resmi mengkategorikan varian Corona B1617 dari India sebagai Variant of Concern (VoC). Sebelunya varian B1617 berada di kategori Variant of Interest (VoI).

Merujuk data Kementerian Kesehatan, hingga 13 Juni 2021 terdapat 145 kasus Variant of Concern (VOC) di Indonesia. Diantaranya, ada 104 kasus varian Delta, 36 kasus varian Alpha dan 5 kasus varian Beta.

"Di lapangan, masyarakat tidak akan dapat membedakan varian mana yang ada, maka dari itu hal terbaik yang dapat kita lakukan adalah semakin disiplin menjalankan protokol kesehatan 5M dan segera melakukan vaksinasi," ungkapnya dikutif priangantimurnews.com dari akun Instagram @pandemictalks Sabtu 19 Juni 2021.

Baca Juga: Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil Minta Wanadri Budayakan Aktivitas Alam

Menurutnya, pemerintah juga harus terus melakukan surveilans genom secara luas agar dapat terus memantau penyebaran varian baru di Indonesia.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Instagram @pandemictalks


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x