Macam-macam Sistem Ekonomi, Salah Satunya Diterapkan di Indonesia

- 20 Desember 2021, 05:00 WIB
Ilustrasi seorang mahasiswa semester 3 5 dan 7 bisa mendaftarkan penerima bantuan uang kuliah tunggal (UKT) dari Kemendikbudristek
Ilustrasi seorang mahasiswa semester 3 5 dan 7 bisa mendaftarkan penerima bantuan uang kuliah tunggal (UKT) dari Kemendikbudristek /pixabay/

PRIANGANTIMURNEWS - Masing-masing negara tentu juga menghadapi masalah Ekonomi yang sudah kita bahas di atas, namun hanya cara pemecahannya saja yang berbeda. 

Hal tersebut berdasarkan Sistem Ekonomi yang dianut oleh negara tersebut.

Seperti dikutip priangantimurnews.com daru buku berjudul Buku Teori Ekonomi karya  Syafaatul Hidayati, bahwa sistem Ekonomi tersebut dapat dikelompokkan menjadi beberapa, dapat dirinci sebagai berikut.

1.  Sistem ekonomi tradisional

Dalam suatu sistem ekonomi tradisional kehidupan ekonomi hanya berdasarkan tradisi, kebiasaan, adat dan agama. Negara yang menganut sistem ekonomi tradisional sifatnya turun temurun.

Baca Juga: Indonesia Bantai Malaysia 4-1, Garuda Melaju ke Semifinal Piala AFF Suzuki 2020

Masalah yang dipecahkan dengan menggunakan dasar pola yang telah dijalankan masa lalu. Misalnya, tanah pertanian yang ditanami tanaman seperti yang selalu ditanam masa lalu secara turun temurun.

2. Sistem ekonomi komando (sosialis-komunis)

Dengan sistem ekonomi komando ini semua masalah ekonomi yang ada
apa (what), bagaimana (how) dan untuk siapa (for whom) diatasi langsung oleh
pemerintah pusat.

Dalam hal ini pemerintah pusat secara langsung menetapkan jumlah alokasi dari sumberdaya yang dipergunakan, menentukan berapa jumlah barang yang nantinya akan diproduksi berserta jenisnya.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Buku teori ekonomi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x