Hati-hati Gejala ATELOPHOBIA, Memahami Kesehatan Mental

- 7 Desember 2020, 20:42 WIB
Gangguan kesehatan
Gangguan kesehatan /tranceformfschyology/
PRIANGANTIMURNEWS- Masa transisi seorang anak menuju remaja dan dewasa akan ditandai dengan kejadian-kejadian yang belum pernah dirasakan sebelumnya. 
 
Pikiran yang semakin luas dan idealis yang tinggi kadang membuat kesehatan mental seorang anak mengalami transisi secara signifikan.
 
Ketika sudah mulai merasakan adanya ketidaksempurnaan dalam diri, hal ini bisa menjadikan masalah bulan-bulanan. Merasa dirinya kurang dari orang lain, merasa tidak mampu, merasa hidupnya tak berguna.
 
 
Kenali kesehatan mental dalam diri saat mulai merasa banyak yang harus terlihat sempurna dan kontrol diri menjadikan hal ini biasa saja. Melihat semuanya harus terlihat sempurna, atau bisa disebut Perfeksionis. 
 
Secara pandangan itu boleh, tapi akan membuat orang risih apabila hal ini dilakukan secara berlebihan
 
Kondisi seseorang merasa ketakutan secara irasional untuk melakukan kesalahan atau gagal dalam mencapai kesempurnaan. Kondisi ini berkaitan dengan sifat perfeksionis yang berlebihan. Percaya saja, bahwa yang kita lakukan adalah yang terbaik.
 
'Prefeksionis' tidak benar-benar mencari kesempurnaan, melainkan berusaha menghindari kritik (berdasarkan alasan bahwa kritik dapat dihilangkan jika semua yang dilakukan adalah 'sempurna' dan bebas dari kesalahan apa pun).
 
Selama bertahun-tahun, Psikolog telah menyadari bahwa pikiran kita lebih dari mampu menghasilkan reaksi biologis yang nyata terhadap situasi tertentu dan selama orang yang fobia "percaya" bahwa objek atau situasi yang mereka takuti mewakili bahaya bagi mereka, maka mereka akan melakukannya. mengalami ketakutan yang nyata.
 
Gejala Atelophobia sangat mirip dengan fobia spesifik lainnya dan sering kali meliputi:
 
- Hindari membuat kesalahan
 
- Ketidakmampuan untuk Bersantai
 
- Sangat waspada terhadap kritik
 
- Rasa Takut yang Akan Datang
 
- Masalah Berkonsentrasi
 
- Menjadi cepat marah
 
- Perasaan pusing
 
- Kesulitan untuk termotivasi
 
- Sensasi tertusuk seperti kesemutan
 
- Palpitasi Sakit & Nyeri
 
- Otot Lelah
 
- Mulut kering dan lengket
 
- Berkeringat berlebihan
 
- Sesak napas Migrain dan Sakit Kepala
 
- Kualitas Tidur Buruk***

Editor: Agus Kusnanto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x