Kebiasaan Buruk Ini Dapat Merusak Otak, Cek 8 Hal Ini

- 5 Januari 2021, 08:24 WIB
Stres dan kebingungan
Stres dan kebingungan /PIXABAY/
PRIANGANTIMURNEWS- Salah satu kunci keseimbangan manusia ada pada otak. Maka tidak salah untuk selalu melindungi kesehatan otak dengan baik.
 
Pengaruh yang besar bagi berfungsinya seluruh tubuh. Harus segera menghindari kebiasaan yang dapat merusak otak.
 
8 hal ini dapat merusak otak apabila kebiasaan ini terus dilakukan.
 
 
Studi mengatakan bahwa kebiasaan buruk yang sering dilakukan dapat merusak sel-sel otak baik jangka pendek ataupun jangka panjang.Hal tersebut juga dapat mengarah ke perkembangan penyakit degeneratif pada tubuh.
 
Dikutip Priangan Timur News dari Ring Times Bali, '8 Kebiasaan yang Dapat Merusak Otak, Cek Segera'
 
Berikut kebiasaan merusak otak yang perlu diketahui : 
 
1. Anda Kehilangan Waktu Tidur
 
Anda melakukan beberapa hal yang seharusnya tidak Anda lakukan, namun kita semua melakukannya. Tetapi beberapa dari kebiasaan buruk itu dapat merusak otak Anda. Misalnya, kurang tidur dapat menjadi penyebab demensia, termasuk penyakit Alzheimer.
 
 
2. Anda Memiliki Terlalu Banyak Waktu Sendiri
 
Manusia terhubung untuk kontak sosial. Ini bukan tentang berapa banyak teman Facebook yang Anda miliki yang penting adalah rasa keterhubungan yang nyata. Orang yang memilikinya bahkan hanya dengan beberapa teman dekat lebih bahagia dan lebih produktif.
 
3. Makan Terlalu Banyak Junk Food
 
Bagian otak yang terkait dengan pembelajaran, ingatan, dan kesehatan mental lebih kecil pada orang yang memiliki banyak hamburger, kentang goreng, keripik kentang, dan minuman ringan dalam makanan mereka.
 
4. Anda Mendengarkan lagu terlalu keras
 
Dengan volume penuh earbud, Anda dapat merusak pendengaran Anda secara permanen hanya dalam 30 menit. Tapi bukan hanya telinga Anda. Kehilangan pendengaran pada orang dewasa yang lebih tua terkait dengan masalah otak, seperti Alzheimer dan hilangnya jaringan otak.
 
 
5. Anda Tidak Cukup Bergerak 
 
Semakin lama Anda tidak berolahraga secara teratur, semakin besar kemungkinan Anda mengalami demensia. Anda juga lebih mungkin terkena diabetes, penyakit jantung, dan tekanan darah tinggi yang semuanya mungkin terkait dengan Alzheimer.
 
6. Anda Masih Merokok
 
Itu bisa mengecilkan otak Anda dan itu bukan hal yang baik. Itu membuat ingatan Anda lebih buruk dan membuat Anda dua kali lebih mungkin terkena demensia, termasuk Alzheimer. Ini juga menyebabkan penyakit jantung, diabetes, stroke, dan tekanan darah tinggi.
 
7. Makan Sandwich dan Keju Berlebihan
 
Jika Anda makan terlalu banyak makan yang tidak sehat. Maka, otak Anda mungkin tidak dapat membangun jaringan koneksi yang kuat yang membantu Anda berpikir dan mengingat.
 
8. Anda Terlalu Banyak Berada dalam Kegelapan
 
 
Jika Anda tidak mendapatkan cukup cahaya alami, Anda mungkin mengalami depresi, dan itu dapat memperlambat otak Anda. Penelitian juga menunjukkan bahwa sinar matahari membantu otak Anda bekerja dengan baik.*** Putu Diah Anggaraeni/
Ringtimes Bali

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Ringtimes Bali


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x