Dear Perempuan, Begini Cara Mengatasi Nyeri Haid Tanpa Obat

- 1 Februari 2021, 19:06 WIB
Ilustrasi pijatan perut di bagian bawah dapat mengurangi rasa sakit saat haid.*
Ilustrasi pijatan perut di bagian bawah dapat mengurangi rasa sakit saat haid.* /PIXABAY/

PRIANGANTIMURNEWS - Masalah nyeri haid adalah masalah yang cukup mengganggu. Aktivitas terhambat, suasana hati yang buruk, dan rasa nyeri yang sangat mengganggu menyebabkan para wanita tidak menyukai nyeri haid.

Terkadang kita tidak dapat menghindari kedatangan sang nyeri haid ini. Cara paling sederhana buat sebagian orang adalah dengan meminum obat pereda nyeri yang dijual bebas semacam parasetamol dan lainnya.

Namun, sebagian orang yang tidak terbiasa meminum obat pereda nyeri acapkali mau tidak mau menelan rasa nyeri haid dengan meringkuk sepanjang waktu diperlukan.

Baca Juga: 5 Step Yang Harus Dilakukan Jika Ingin Membuka Usaha Sendiri

Berikut beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mengurangi rasa nyeri saat haid tanpa obat

1. Gunakan kompres
Gunakan kompres hangat di daerah perut bawah. Rasa hangat memang dapat membantu mengurangi rasa nyeri. Meskipun demikian, dari jenisnya kompres dibagi menjadi dua, yakni kompres dingin dan hangat.

Kompres hangat dilakukan dengan menempelkan kantong karet yang sudah diisi air hangat sebelumnya, atau menempelkan handuk yang telah direndam di dalam air hangat ke bagian tubuh yang nyeri. Untuk kompres air hangat dapat diikuti dengan latihan pergerakan atau pemijatan.

Dampak fisiologis dari kompres hangat adalah membuat otot tubuh lebih rileks karena peningkatan suhu pada area tertentu membantu proses vasodilatasi (pelebaran pembuluh darah) sehingga memperlancar peredaran darah. Dengan demikian dapat menurunkan atau menghilangkan rasa nyeri.

Baca Juga: Innalilahi, Sepanjang Tahun 2020, 43 Bayi dan 64 Ibu Hamil Terpapar Covid

Kompres dingin, kantung karet kompres dapat diisi juga dengan air dingin berisi es. Atau pada beberapa apotik besar dewasa ini sudah menjual kantong berisi es batu (cold pack). Bisa juga menempelkan handuk yang sudah dicelupkan ke dalam air dingin sebelumnya.

Halaman:

Editor: Muh Romli


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah