Ingin Terbebas dari Lilitan Utang, Istikomah Amalkan Ini

- 15 Februari 2021, 22:39 WIB
ilustrasi  utang
ilustrasi utang /pikiran rakyat Cirebon/

PRIANGANTIMURNEWS - Alasan seseorang berutang, biasanya karena sudah tidak punya pilihan lain untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Seseorang yang terlilit masalah utang, terlebih tidak memiliki apapun untuk membayarnya, dipastikan merasa kebingungan bahkan tak jarang menjadi putus asa.

Apalagi jika diperparah dengan jumlah utang yang menggunung di banyak tempat, jika tak kuat iman bisa menggiring seseorang hilang akal.

Baca Juga: Mau Tetap Awet Muda? Rajin Minum Susu Setiap Hari

Utang juga merupakan perkara yang harus dilunasi sampai kapan pun kecuali dibebaskan pemberi pinjaman. Maka, bila utang tak segera dibayarkan, tentu jangan sampai berlanjut hingga akhirat nanti.

Ikhtiar diartikan sebagai upaya, baik dalam usaha maupun dalam bentuk doa. Sebagai panutan, Rasulullah juga sering memberikan contoh mengenai doa apa saja yang patut dibaca dalam berbagai situasi agar Allah SWT dapat melihat usaha yang selama ini dilakukan.

Istighfar dapat memberikan jalan keluar dari segala masalah hidup yang terjadi. Kalimat istighfar pun bisa membukakan pintu rezeki seseorang.

Baca Juga: Tanggapi Target Doni Monardo, Ferdinand Hutahaean: Kerja Saja dan Selesaikan

Dalam Hadist Riwayat Ahmad dari Ibnu Abbas, Nabi Muhammad SAW bersabda yang artinya:

"Barang siapa memperbanyak istighfar, niscaya Allah memberikan jalan keluar bagi setiap kesedihannya, kelapangan untuk setiap kesempitannya, dan rizki dari arah yang tidak disangka-sangka."

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Berbagai sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah