Inilah Ritual Penangkal Kejahatan Yang Dilakukan Soeharto

- 27 Mei 2022, 22:32 WIB
Mantan Presiden RI Soeharto.
Mantan Presiden RI Soeharto. /ANTARA

PRIANGANTIMURNEWS- Kehidupan politik adalah kehidupan kompetisi yang menentukan siapa pemenang dan pecundang. Sebagai seorang pemimpin, Soeharto tentu mempunyai banyak rival politiknya.

Rival-rival tersebut tentu akan melakukan berbagai cara untuk menjatuhkan Soeharto, mulai dari intrik atau cara lainnya.

Secara politik, kalau rival politik Soeharto melawan dengan kekuatan militer, tentu sudah bisa dipastikan pemenangnya adalah Soeharto. Sebab Soeharto didukung penuh oleh kekuatan militer yang sangat tangguh.

Lalu, bagaimana dengan rival politik yang melawan dengan kekuatan mistik, seperti santet, ilmu hitam, dan tenung ?

Baca Juga: Pemda Provinsi Jabar Mengajak Doa Bersama untuk Keselamatan Emmeril Khan Mumtadz Anak Sulung Ridwan Kamil

Percobaan dengan kekuatan mistik tentu telah banyak dilakukan untuk menjatuhkan wibawa dan kekuasaan Soeharto. Tetapi, Soeharto tetap berkuasa selama 32 tahun. Artinya, kekuatan mistik yang dirancang untuk melawan Soeharto tidak berhasil.

Di samping itu, ia tentu telah memperhatikan seluruh ancaman yang akan hadir ketika menjadi pemimpin. Soeharto telah mewaspadai dan memagari dirinya dari kekuatan yang dapat menjatuhkan dirinya, kekuasaan, dan wibawanya. Hal itu ditempuhnya dengan jalan spiritual.

Pepatah yang berbunyi, semakin tinggi pepohonan, maka akan semakin kencang pula angin bertiup. Sangat disadari Soeharto. Maka, ia harus mempersiapkan segalanya agar ketika berada di puncak tertinggi, angin kencang yang bertiup tidak akan menggoyahkan kekuasaan dan dirinya.

Baca Juga: Soeharto dan Tirakat Sendang Semanggi

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Buku Dunia Batin 2 Macan Asia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x