Turki Travel Warning: Peringatkan Balas AS dan Eropa atas Dampak Potensi Islamofobia

- 30 Januari 2023, 12:23 WIB
Screenshot reels di Instagram Presiden Recep Tayyip Erdoğan/Instagram/@rterdogan
Screenshot reels di Instagram Presiden Recep Tayyip Erdoğan/Instagram/@rterdogan /

PRIANGANTIMURNEWS- Turki keluarkan Travel Warning atau peringatan perjalanan, sebagai balasan terhadap Amerika Serikat (AS), Prancis, Italia, dan Jerman yang mengeluarkan peringatan keamanan untuk warga mereka di Turki.

Turki mengeluarkan peringatan perjalanannya pada hari Sabtu, 28 Januari 2023. Tepatnya satu hari setelah AS dan Eropa mengeluarkan peringatan keamanan untuk warganya pada hari Jum'at, 27 Januari 2023 bertepatan dengan pembakaran Al-Qur'an.

Bukan tanpa alasan, Turki memperingatkan warganya termasuk muslim di seluruh Dunia untuk tidak berkunjung ke AS dan Eropa karena potensi serangan Rasisme, Xenofobia, dan Islamofobia akan meningkat didahului dengan pembakaran Al-Qur'an di Swedia.

Baca Juga: Kabar Penculikan Anak Makin Marak, Polres Tasikmalaya Kota Menghimbau 5 Hal Ini

Hal tersebut pun ditandai juga peringatan keamanan yang dikeluarkan oleh AS dan Eropa, yang akan memicu dampak potensi Islamofobia di seluruh Dunia.

Seolah negara-negara tersebut tengah mencap Turki dengan negara yang penuh aksi teror setelah sejumlah warga Turki melakukan demonstrasi atas pembakaran Al-Qur'an oleh anggota sayap kanan Swedia, Rasmus Paludan.

Dilansir dari Reuters, Kementerian Luar Negeri Turki menyampaikan dua imbauan yang ditulis terpisah atas warganya yang berada di AS dan Eropa agar berhati-hati dan tenang dengan kemungkinan tingkat rasisme yang meningkat.

Baca Juga: Pohon Tumbang Sebabkan Listrik Putus di Natuna, Cuaca Ekstrem dan Angin Kencang Jadi Penyebabnya

"bertindak dengan tenang dalam menghadapi kemungkinan pelecehan dan serangan xenofobia dan rasis," bunyi imauan tersebut pada Minggu, 29 Januari 2023.

Halaman:

Editor: Galih R

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x