Bupati Jeje Serahkan Bibit Kapulaga Ke Kelompok Tani

- 7 Desember 2020, 21:38 WIB
Bupati Jeje menyerahkan bibit kapulaga kepada perwakilan petani secara simbolis, Senin, 7 Desember 2020.
Bupati Jeje menyerahkan bibit kapulaga kepada perwakilan petani secara simbolis, Senin, 7 Desember 2020. /Dinas Pertanian/

PRIANGANTUMURNEWS- Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata menyerahkan bibit kapulaga kepada kelompok tani di Desa Kondangjajar, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Senin, 7 Desember 2020.

Penyerahan bibit kapulaga dalam rangka peningkatan produktifitas di Kab Pangandaran tahun 2020/2021 yang sekaligus melakukan penanaman perdananya oleh kelompok tani kapulaga Jaya Makmur.

Baca Juga: Kemenkopukm : 'Sasaran Banpres Produktif untuk Usaha Mikro'

Dalam kesempatan itu, Bupati Jeje menyampaikan, bahwa Pangandaran menjadi daerah yang baik dan maju.

“Apalagi dalam kondisi pandemik Covid-19 ini para petani kapol khususnya masih bisa mambantu perekonomian masyarakat,” ungkap Jeje.

Selain itu kata Jeje, tanaman kapulaga ini dapat menjadi komoditas masyarakat dan pemerintah akan mendorong untuk dapat dikembangkan hingga dapat mensejahterakan masyarakat terutama para petani kapulaga.

Selain itu menurut Jeje, kapulaga memiliki siklus hidup yang panjang di mana produksi buah setelah melewati panen pertama kegiatan panen dapat dilakukan 4 kali dalam setahun. Setiap tahun, jumlah buah yang di panen juga akan terus meningkat.

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian Sutiaman mengatakan, bibit Kapulaga yang ada di Pangandaran sudah dikembangkan dan untuk kualitasnya sendiri merupakan bibit unggul. Tanaman Kapulaga sendiri, sebagai tanaman obat dan rempah-rempa, sangat banyak manfaatnya.

“Dan sekarang di Kabupaten Pangandaran sudah berdiri BUMP yang akan mengurus parapetani mulai dari penanaman sampai pemasaran, diharapkan kedepanya para petani kapulaga (kapol) di Kabupaten Pangandaran diharapkan bisa lebih mandiri dan mampu menciptakan lapangan pekerjaan berbasis pedesaan,” pungkasnya

Halaman:

Editor: Agus Kusnanto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah