Kurangi Kemacetan di Puncak Bogor, Tiap Akhir Pekan Diberlakukan Ganjil Genap

- 1 September 2021, 18:40 WIB
Foto Ilustrasi - Kawasan Puncak Bogor yang biasa dipadati wisatawan ketika liburan
Foto Ilustrasi - Kawasan Puncak Bogor yang biasa dipadati wisatawan ketika liburan /pexels/

PRIANGANTIMURNEWS - Mengurangi kemacetan di puncak dan Sentul, Pemerintah Kabupaten Bogor akan memberlakukan aturan ganjil genap bagi pengendara yang masuk wilayah Puncak.

Aturan ganjil genap itu diberlakukan setiap Sabtu dan Minggu yang akan dimulai pada akhir pekan ini.

Sebelumnya Pemkab Bogor akan melakukan uji coba ganji genap terlebih dahulu selama dua minggu mulai Jumat, Sabtu dan Minggu.

Baca Juga: Bantuan Sosial Rp 500 Ribu di Kota Bandung Sasar 60.000 Keluarga Penerima Manfaat

Dikutip priangantimurnews.com dari Pikiran Rakyat, Bupati Bogor Ade Munawaroh Yasin mengatakan, uji coba ganjil genap akan dilakukan selama dua minggu mulai Jumat, Sabtu, dan Minggu.


Ade menambahkan, berita macetnya wilayah Puncak memang sampai ke pemerintah pusat, maka pemerintah pusat meminta Pemkab Bogor untuk segera mencari solusinya, agar tidak terulang kembali.

Jika peraturan ganjil genap berdampak positif untuk mengurangi kemacetan, bukan tidak mungkin Pemkab Bogor akan membuat payung hukum terkait aturan ganjil genap.

Ketika ada pelonggaran biasanya masyarakat menganggapnya apapun sudah diperbolehkan, sehingga akhirnya masyarakat ramai-ramai mengunjungi kawasan Puncak.

Baca Juga: Wajib Tahu, Tata Tertib Mengikuti Tes SKD CPNS Digelar 20 September 2021 di Kota Tasikmalaya

“Berdasarkan pengamatan, sebetulnya kemarin masyarakat itu ke kawasan Puncak hanya untuk sekedar mencari udara segar, menikmati pemandangan, tidak ke hotel, atau ke tempat wisata karena tempat wisata masih tutup, dan masih dimonitor oleh Satgas Covid-19,” terang Ade.

Sementara itu, Kapolres Bogor AKBP Harun menuturkan, uji coba penerapan sistem ganjil-genap (Gage) di kawasan Puncak, dipastikan akan mulai akhir pekan ini. Uji coba akan dilakukan mulai Jumat siang, dan pagi hingga malam pada Sabtu dan Minggu.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x