Pedagang Bawang Merah Tertipu Order Lewat Facebook, Kerugian Capai Rp 36 Juta

- 2 September 2021, 22:48 WIB
   Agus Setia Budianto (40) berasama salah seorang saudaranya, penjual bawang merah asal Boyolali, Jawa Tengah yang telah menjadi korban penipuan sehingga rugi Rp 36 juta.
Agus Setia Budianto (40) berasama salah seorang saudaranya, penjual bawang merah asal Boyolali, Jawa Tengah yang telah menjadi korban penipuan sehingga rugi Rp 36 juta. /Pikiran Rakyat/Aeo Hendy

PRIANGANTIMURNEWS - Hati-hati jika mendapatkan pesanan barang dari facebook. Sebab bisa jadi itu hanya aksi penipuan.

Seperti yang dialami Agus Setia Budianto (40) pedagang bawang asal Boyolali Jawa Tengah menjadi korban penipuan pesanan lewat facebook.
Pelakunya mengaku warga Garut. Akibat penipuan itu korban mengalami kerugian Rp 36 juta.

Menurut pengakuan Agus, sebagaimana dikutip priangantimurnews.com dari Pikiran Rakyat, kasus penipuan itu terjadi saat dirinya mendapatkan pesanan bawang merah dari seseorang yang mengaku warga Garut melalui akun facebook. Karena memang dirinya selama ini sering berjualan bawang merah melalui facebook.

Baca Juga: Inilah Daftar 5 Klub dengan Kesepakatan Terbaik di Jendela Transfer Musim Panas 2021

Setelah ada kesepakan, dia bersama dua orang saudara akhirnya berangkat dari Boyolali menuju Garut pada Selasa malam dan baru tiba di Garut pada Rabu malam.

"Saat itu saya membawa 2 ton bawang merah dengan menggunakan truk," ujar Agus yang ditemui di kawasan Malangbong Garut, Rabu malam 1 September 2021.

Sampai di Garut, bawang merah lalu dibawa ke suatu tempat yang disebut gudang oleh pemesan di wilayah Kecamatan Malangbong Garut. Pada awalnya si pemesan meminta dikirim 5 ton bawang merah akan tetapi karena baru permulaan, dirinya hanya membawa 2 ton.

Baca Juga: Objek Wisata Pangandaran Dibuka, Pelaku Usaha Wisata Diharap Taati Protokol Kesehatan

Saat di lokasi, Agus bertemu dengan si pembeli dan bawang merah langsung diturunkan oleh 10 orang yang sudah menunggu di tempat itu yang belakangan diketahui Kampung Cangkudu, Desa Cihaurkuning, Kecamatan Malangbong.

Ia menyebutkan, setelah bawang merah diturunkan, si pembeli itu mengatakan jika orang yang memegang uangnya sedang berada di daerah Wado, Sumedang. Orang itu pun kemudian mengajaknya menemui langsung orang yang akan melakukan pembayaran di daerah Wado.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x