Kenali Manfaat dan Resiko Kerokan bagi Tubuh Kita

- 15 Agustus 2021, 19:23 WIB
Ilustrasi orang habis dikerok.
Ilustrasi orang habis dikerok. /klikdokter.com/

PRIANGANTIMURNEWS- Kerokan merupakan sebuah metode pengobatan alternatif dengan cara menggosok sambil menekan bagian permukaan kulit menggunakan minyak dan benda tumpul seperti uang logam sebagai alat pengerok yang dipercaya dapat mengobati keluhan penyakit.

Namun secara medis, apakah benar kerokan bermanfaat atau justru sebaliknya?

Ternyata bukan hanya di Indonesia saja teknik kerokan ini dipakai, di beberapa negara metode ini juga populer dengan nama berbeda.

Lantas adakah efek pada tubuh kita jika dikerok? Kerokan ternyata dapat meningkatkan sirkulasi darah, kerokan juga bisa meningkatkan hormon endrofin yang membuat mood senang, badan menjadi berasa lebih nyaman atau lebih segar, selain itu ternyata kerokan juga bisa meningkatkan suhu tubuh agar terasa lebih hangat.

Baca Juga: BREAKING NEWS: 20 Kios Ludes Dilalap Sijago Merah di Pasar Ciawi Kabupaten Tasikmalaya

Meskipun demikian, kerokan juga memiliki efek yang tidak bagus bagi tubuh kita, diantaranya dapat menimbulkan peradangan kulit seandainya saat menggosokan logam terlalu keras, dapat menyebabkan perdarahan ringan dan hal ini bisa jadi risiko penularan penyakit yang ditularkan melalui darah, apalagi alat kerokannya tidak dibersihkan dengan benar dan dipakai bergantian.

Keterbatasan penelitian ilmiah tentang teknik kerokan masih terbatas. Jadi belum ada bukti cukup yang membuktikan kerokan bisa bermanfaat menyembuhkan penyakit tertentu.

Sebetulnya tidak ada larangan seseorang melakukan kerokan, selama dalam waktu yang wajar atau tidak sering dengan teknik yang benar.

Baca Juga: Lionel Messi Bagikan Rencana Diet Ketat untuk Mempertahankan Energi

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Youtube ini kata dokter


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah