Mitos Atau Fakta? Jika Gigi Goyang Pertanda Diabetes, Simak Penjelasan dokter Ahli

- 13 November 2023, 19:45 WIB
  Ilustrasi seseorang menjalani pemeriksaan gigi/Pexels
Ilustrasi seseorang menjalani pemeriksaan gigi/Pexels /

PRIANGANTIMURNEWS - Dalam sorotan kesehatan terbaru, DR Dr Soebagijo Adi Soelistijo, SpPD-KEMD, FINASIM, seorang dokter spesialis penyakit dalam, mengungkapkan bahwa gigi goyang bisa menjadi salah satu indikator tersembunyi dari kondisi diabetes yang mungkin tidak disadari oleh pasien.

Adi mengutarakan dengan antusias pada acara kesehatan bold yang diselenggarakan pada Senin 13 November 2023, bahwa pada pasien dengan kadar gula tinggi, terjadi perubahan pada gusi, seperti peningkatan, pembengkakan, yang pada akhirnya menyebabkan gigi menjadi goyang

Dia menyoroti kesalahan umum yang sering dilakukan oleh mereka yang menghadapi kondisi ini.

Baca Juga: Hati-hati! Penderita Diabetes Lakukan Pedicure, Berikut Penjelasan Pakar Diabetes

Banyak yang langsung berlari ke dokter gigi untuk mencabut gigi yang goyang, tanpa menyadari bahwa sebenarnya mereka tengah menderita diabetes.

Bahkan dia juga menegaskan, ketika kadar gula tinggi, gigi bisa goyang. Kesalahan besar adalah mencabutnya tanpa menyadari bahwa ini bisa menjadi tanda diabetes.

Seringkali, pasien tidak menyadari bahwa gigi goyang itu sebenarnya adalah panggilan dari tubuhnya tentang masalah gula darah

Adi menjelaskan, bahwa jika kadar gula darah dapat dikontrol atau diperbaiki, maka kondisi gusi juga akan membaik, dan gigi yang goyang tidak akan lagi menjadi masalah.

Baca Juga: Cegah Diabetes Tanpa Obat-obatan, Lakukan Aktivitas Ini Secara Rutin Tiap Hari

Sumber Very Well Health menunjukkan bahwa diabetes tidak hanya meningkatkan risiko masalah mulut, tetapi juga memicu sejumlah komplikasi.

Halaman:

Editor: Muh Romli


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x