Alasan Sakit Boleh Tidak Puasa, Kenapa? Yuk Simak Apa Kata Prof. Dr. Sulaiman

- 16 Maret 2024, 07:30 WIB
 ilustrasi seseorang  sedang sakit / Pixabay
ilustrasi seseorang sedang sakit / Pixabay /

PRIANGANTIMURNEWS - Kita telah mengetahui bahwa sakit merupakan salah satu alasan yang membolehkan seorang Muslim untuk tidak berpuasa, sebagaimana yang dinyatakan oleh Allah Ta’ala dalam firman-Nya:

"Barangsiapa di antara kalian berada pada bulan itu, maka berpuasalah. Tetapi barangsiapa sakit atau sedang diperjalanan (tidak melaksanakan puasa), maka (wajib menggantinya), yaitu sejumlah hari yang sudah ditinggalkannya itu." (QS. Al-Baqarah:185).

Namun, apa saja jenis sakit yang dapat menjadi alasan untuk tidak berpuasa? Apakah semua jenis penyakit ataukah ada kriteria khusus yang harus dipenuhi?

Baca Juga: Kemenlu Palestina Kutuk Tindakan Israel, Pasang Besi Penghalang di 3 Gerbang Menuju Masjid Al-Aqsa

Berikut keterangan dari Guru besar pada Fakultas Syariah Universitas Islam Madinah KSA, serta pengajar di masjid Nabawi, Prof. Dr. Sulaiman Ar-Ruhaili.

Para ulama telah membahas masalah penting mengenai penentuan kadar penyakit yang menjadi alasan untuk tidak berpuasa.

Beberapa ulama menjelaskan bahwa cara untuk mengetahui apakah suatu penyakit dapat dianggap sebagai udzur untuk tidak berpuasa adalah dengan membandingkannya kepada penyakit-penyakit kronis yang telah dikenal.

Jika penyakit yang diderita mendekati kadar kesakitan penyakit kronis tersebut, maka dapat dianggap sebagai udzur menurut syariat.

Baca Juga: Menjaga Tubuh Tetap Sehat dan Bugar Selama Ramadhan, Yuk Simak Tips Berikut!

Halaman:

Editor: Rahmawati Huda

Sumber: muslim.or.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x