Wapres Ma'ruf Amin Minta Perbedaan Ormas Pendukung MUI Jangan Sampai Menimbulkan Konflik

- 26 Agustus 2021, 09:28 WIB
Wakil Presiden RI MAruf Amin, meminta warga agar persatuan dan kesatuan. Jangan ada perbedaan antara organisasi yang bisa  berujung kehancuran
Wakil Presiden RI MAruf Amin, meminta warga agar persatuan dan kesatuan. Jangan ada perbedaan antara organisasi yang bisa berujung kehancuran / Instagram @kyai_marufamin /

PRIANGANTIMURNEWS - Wakil Presiden Republik Indonesia, Kiyai Ma'ruf Amin mengatakan, saat menghadiri pembukaan Mukernas I MUI secara virtual, saya menyampaikan pentingnya sila ketiga: Persatuan Indonesia.

"Ini harus dikawal sebagai bagian dari tanggung jawab nasional kita, masuliyah wathaniyah kita," kata, Wapres dikutip priangantimurnews.pikiran-rakyat.com dari Instagram @kyai_marufamin Kamis 26 Agustus 2021.

Menurutnya, perbedaan-perbedaan di antara organisasi-organisasi massa (ormas) Islam yang menjadi pendukung utama dari MUI tidak boleh sampai menimbulkan konflik.

Baca Juga: Tekan Pengangguran dan Kemiskinan, Kemnaker Lakukan Langkah Strategis

Perbedaan-perbedaan sama seperti juga di lingkungan intern MUI, perbedaan di tingkat nasional kenegaraan, jangan sampai menimbulkan terjadinya keretakan yang akan membawa kehancuran.

Perbedaan-perbedaan yang ada di ormas sebenarnya bukan sesuatu yang harus menjadi ketidaksatuan.

Perbedaan ijtihad sudah terjadi sejak zaman sahabat. Namun, perbedaan tersebut tidak menghilangkan kesatuan umat karena adanya tujuan suci yang sama.

Baca Juga: 7 Langkah Mudah Lolos Program Kartu Prakerja Dapatkan Insentif Rp 3,5 Juta, Simak Caranya

Para assabiqunal awwalun (orang-orang yang pertama masuk Islam) sekali pun berbeda, tidak pernah kehilangan keutuhan dan kesatuannya, mereka bisa bersatu karena tujuan murni yang suci.

"Itulah yang menyatukan mereka, walaupun mereka berbeda-beda cara berpikir dan ijtihad-nya di dalam mencapai sesuatu yang menurut mereka baik," ujarnnya. ***

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Instagram @kyai_marufamin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x