Kisah Pilu Pemulung yang Fotonya Viral, Cukup Baca Alquran Jika Perut Terasa Lapar

- 5 November 2020, 22:55 WIB
Muhammad Gifari Akbar atau yang akrab disapa Akbar (16), pemulung yang fotonya ketika sedang membaca Alquran di kawasan Jalan Braga, Kota Bandung, ternyata warga Kabupaten Garut. Ia seringkali mengalihkan rasa lapar yang dialaminya akibat tak punya uang untuk membeli makanan dengan caara membaca Alquran.
Muhammad Gifari Akbar atau yang akrab disapa Akbar (16), pemulung yang fotonya ketika sedang membaca Alquran di kawasan Jalan Braga, Kota Bandung, ternyata warga Kabupaten Garut. Ia seringkali mengalihkan rasa lapar yang dialaminya akibat tak punya uang untuk membeli makanan dengan caara membaca Alquran. /Eep Handy /

PRIANGANTIMURNEWS-Dalam beberapa hari ini, di media sosial (medsos) viral foto seorang remaja yang tengah berteduh sambil mengaji di salah satu sudut Jalan Braga, Kota Bandung. Setelah foto tersebut viral, akhirnya terungkap jika remaja tersebut seorang pemulung barang rongsokan yang merupakan warga Kabupaten Garut.

Tak hanya itu, di balik viralnya foto remaja berusia 16 tahun bernama Muhammad Gifari Akbar atau lebih dikenal dengan panggilan Akbar ini, ternyata juga tersimpan kisah unik sekaligus mengharukan.   

Di usianya yang tergolong masih sangat belia ini, Akbar harus berusaha mencari nafkah untuk kebutuhan makan sehari-hari dengan menjadi seorang pemulung barang rongsokan. Untuk mendapatkan barang rongsokan, tak jarang ia harus rela berjalan kaki dengan jarak yang sangat jauh, bahkan dari Garut sampai ke Bandung.  

Baca Juga: Sandiaga Uno Sebut Produk Kulit dari Garut Berkualitas Internasional

"Orang yang ada di dalam foto yang viral di medsos itu memang saya. Namun saya tidak tahu siapa yang mengambil gambar itu dan kemudian menyebarkannya di medsos," ujar Akbar saat ditemui di rumah nenek dan kakeknya di Kampung Sodong, Kelurahan Muarasanding, Kecamatan Garut Kota, Kamis, 5 November 2020.  

Remaja yang hanya sempat mengenyam pendidikan formal hingga kelas 4 sekolah dasar ini menerangkan, saat itu dirinya tengah mencari barang rongsokan di kawasan Jalan Braga. Namun tiba-tiba hujan turun di kawasan tersebut sehingga dirinya memutuskan untuk mencari tempat berteduh. 

Saat sedang berteduh itulah dirinya kemudian mengambil Alquran yang ke mana pun ia pergi tak pernah ketinggalan dibawanya. Sambil menunggu hujan reda, Akbar pun kemudian membaca Alquran dan rupanya apa yang dilakukannya ini mendapat perhatian orang sekitarnya sampai-sampai ada yang memotretnya dan kemudian menyebarkannya di medsos.

Baca Juga: Wujudkan Santri Sehat, Pesantren Sabilil Muttaqin (PSM) Buka Layanan Poskestren 

Akbar juga menuturkan, membaca Alquran memang telah menjadi kebiasaannya apalagi ketika ada waktu senggang. Bahkan, sampai-sampai untuk mengobati rasa lapar akibat tak bisa makan karena tak punya uang, ia mengobati rasa lapar itu dengan membaca Alquran.

Halaman:

Editor: Aep Hendy


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x