Empat Inovasi Metode Pembelajaran Bahasa Arab, Guru Bahasa Arab Wajib Tahu

- 19 Februari 2021, 21:45 WIB
ilustrasi belajar bahasa Arab
ilustrasi belajar bahasa Arab /pixabay/

PRIANGANTIMURNEWS – Metode pembelajaran adalah langkah-langkah penyampaian materi Bahasa Arab secara prosedural yang dilakukan oleh guru.

Metode pembelajaran adalah sebuah cara agar proses pembelajaran Bahasa Arab berlangsung aktif dan menyenangkan bagi peserta didik.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, Bahasa Arab adalah pelajaran yang sangat ditakuti atau dianggap sangat susah oleh para pelajar.

Baca Juga: 12 Hal Yang Terjadi pada Tubuh Anda Saat Anda Menghentikan Vaping

Dengan adanya inovasi metode pembelajaran Bahasa Arab tersebut, pembelajaran Bahasa Arab akan dengan mudah diterima oleh para pelajar.

Peran Guru Bahasa Arab dalam memilih metode pembelajaran yang akan digunakan dianggap sangat penting agar tujuan pembelajaran tercapai.

Dikutip priangantimurnews.com dari Buku Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab karya Acep Hermawan, terdapat Empat Inovasi Metode Pembelajaran Bahasa Arab, yaitu:

Baca Juga: Manusia yang Baik Adalah Manusia yang Berguna Bagi Orang Lain

Pertama, Silent Way (metode guru diam/al-thariqah al-shamitah). Metode ini dicetuskan oleh Caleb Gategno (1972).

Metode Silent Way memiliki tujuan pokok di antaranya, melatih keterampilan para pelajar dalam menggunakan Bahasa Arab yang dipelajari secara lisan, melatih dalam menyimak pembicaraan lawan bicara, dan melatih pelajar agar mampu menguasasi tata bahasa yang praktis.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Buku Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab karya Acep Hermawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x