Jalan Menuju Tempat Wisata Rusak, Dispar Gunungkidul Usulkan 15 Ruas Jalan Dibangun

- 23 Mei 2024, 20:32 WIB
 Pantai Ngandong di Kabupaten Gunungkidul. (ANTARA/Sutarmi
Pantai Ngandong di Kabupaten Gunungkidul. (ANTARA/Sutarmi /

PRIANGANTIMURNEWS - Destinasi wisata di Kabupaten Gunung Kidul terus berkembang secara signifikan.

Namun perkembangan destinasi wisata itu tidak ditunjang dengan pembangunan infrastruktur jalan. Hingga kini masih banyak jalan sempit dan rusak menuju obyek wisata.

Melihat kondisi itu, Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengusulkan pembangunan 15 ruas jalan menuju objek wisata yang terhubung dengan Jalur Jalan Lintas Selatan untuk mempercepat pengembangan pariwisata yang diharapkan mendongkrak pertumbuhan ekonomi.

Baca Juga: Antisipasi Lonjakan Penumpang Libur Panjang, KAI Sediakan 181.523 Tiket Kereta Api Jarak Jauh

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Gunungkidul Oneng Windu Wardana di Gunungkidul, Kamis, mengatakan berdasarkan catatan Dispar, ada 15 ruas jalan kawasan wisata di Satuan Ruang Strategis (SRS) Pantai Selatan rusak, serta dua ruas jalan lain di SRS Batur Agung dan Sokoliman juga rusak.

"Apabila infrastruktur penunjang tersedia di kawasan selatan maka kawasan tersebut akan semakin ramai. Target lama tinggal wisatawan pun dapat tercapai," kata Oneng Windu.

Menurutnya, infrastruktur penunjang di kawasan selatan Gunungkidul seperti sekitar jalur jalan lintas selatan (JJLS) minim. Minimnya fasilitas penunjang sangat berdampak terhadap kunjungan wisatawan dan perkembangan pariwisata secara umum di wilayah ini.

Baca Juga: Dapat Panggilan Timnas, Madura United Kehilangan Pemain Kunci di Final Lawan Persib Bandung

Ada beberapa jalan menuju kawasan wisata yang kurang nyaman dilalui wisatawan karena rusak. Selain itu, beberapa titik belum dialiri listrik dan jaringan air. Di titik jaringan listrik yang tersedia pun belum ada lampu penerangan.

“Kebutuhan dasar untuk membuka usaha di kawasan selatan utamanya di sekitar JJLS kurang,” katanya.

Halaman:

Editor: Muh Romli


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah