Penyebab Penyakit Ginjal, Hindari 7 Kebiasaan Ini

- 5 Januari 2021, 08:32 WIB
Ilustrasi Ginjal Anatomi Biologi
Ilustrasi Ginjal Anatomi Biologi /Pixabay/
PRIANGANTIMURNEWS- Beberapa orang tidak menyadari bahwa setiap kebiasaan buruknya dapat memicu terjadi penyakit yang berbahaya bagi kesehatannya.
 
Salah satu organ tubuh yang paling rentang terkena adalah ginjal, pasalnya kebiasaan sehari-hari seperti kurang minum dan kurang tidur bisa menjadi penyebab utama
 
Selain itu gejala yang dirasakan tubuh akibat peradangan bisa berakhir menjadi batu ginjal. Bahkan seringkali seseorang yang mengalami hal tersebut mengabaikannya. Karena penyakit ginjal diawali sama sekali tidak tampak keberadaanya.
 
 
Namun, jika terlalu sering mengalami gejala-gejala penyakit yang sama, justru hal tersebut patut segera dicurigai dan diobati.
 
Dilansir Priangan Timur News dari RingtimesBali.com, '7 Kebiasaan Salah yang Sering Dilakukan Ini Jadi Pemicu Penyakit Ginjal'
 
Berikut kesalahan yang sering dilakukan sehari-hari yang menjadi pemicu timbulnya penyakit ginjal yaitu:
 
1. Sedikit minum air
 
Apabila terlalu sedikit mengonsumsi air maka tubuh akan mengalami dehidrasi. Keadaan dehidrasi berpengaruh pada tekanan dan aliran darah yang menurun.
 
 
Setidaknya meminum delapan air per hari cukup bagi kesehatan ginjal. Hal ini dikarenakan, meminum lebih banyak air dapat membantu membuang limbah dari aliran darah dalam bentuk urin.
 
2. Kebiasaan merokok
 
Kebiasaan ini dapat menyebabkan kanker ginjal. Salah satu solusinya adalah mengurangi konsumsi rokok secara bertahap hingga dapat menghilangkan kebiasaan buruk tersebut.
 
3. Konsumsi soda
 
Kebiasaan mengonsumsi minum-minuman yang manis seperti soda manis akan memiliki kemungkinan 61 persen lebih tinggi terkena penyakit ginjal kronis.
 
 
4. Konsumsi gula
 
Mengkonsumsi gula yang terlalu banyak dapat menyebabkan gula darah tinggi. Apalagi bagi seorang penderita diabetes yang kadar gulanya dalam darah tidak terkontrol.
 
Hal tersebut dapat menyebabkan rusaknya pembuluh darah dalam tubuh. Akibatnya, akan berimbas pada ginjal yang mengalami penurunan fungsi.
 
5. Kurang Tidur
 
Penelitian di Boston’s Brigham dan Woman’s Hospital, menunjukkan bahwa wanita yang tidur lima jam atau kurang dalam semalam memiliki kemungkinan dua pertiga lebih besar mengalami penurunan fungsi ginjal yang cepat dibandingkan dengan wanita yang tidur tujuh hingga delapan jam semalam.
 
 
6. Sedikit konsumsi sayuran
 
Pola makan nabati dengan lebih banyak mengonsumsi buah dan sayuran bermanfaat bagi ginjal untuk menjaga fungsi ginjal dan kesehatan secara keseluruhan.
 
National Kidney Foundation menganjurkan pola makan nabati seperti pola makan DASH (Dietary Approaches to Stop Hypertension) yaitu pola makan yang tinggi serat, rendah natrium, rendah lemak jenuh, dan daging olahan, serta makanan yang memberikan banyak sumber kalium, fosfor, magnesium, dan kalsium.*** Sevie Safitri Rosalina / Ringtimes Bali

Editor: Agus Kusnanto

Sumber: Ringtimes Bali


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah