Wakil Menteri Luar Negeri AS Wendy Sherman, Washington Sambut Baik Persaingan dengan China

- 25 Juli 2021, 07:09 WIB
 Wakil Menteri Luar Negeri AS Wendy Sherman
Wakil Menteri Luar Negeri AS Wendy Sherman /Reuters/

PRIANGANTIMURNEWS – Wakil Menteri Luar Negeri AS Wendy Sherman akan berkunjung ke China dan bertemu dengan Menteri Luar Negeri Wang Yi pada Minggu, 25 Juli 2021.

Sherman, Washington akan sambut baik persaingan dengan China. Untuk sementara, diperlukan lapangan permainan setara dan pagar pembatas sebagai upaya memastikan agar tidak membelok ke arah konflik, ungkap seorang pejabat senior AS pada Sabtu, 24 Juli 2021.

"AS ingin memastikan bahwa ada pagar pembatas dan parameter untuk mengelola hubungan secara bertanggung jawab,” seorang pejabat senior AS menuturkan dilansir priangantimurnews.com dari Reuters pada Sabtu, 24 Juli 2021.

Baca Juga: Hujan Deras dan Tanah Longsor di India Tewaskan 125 Orang

Pertemuan ini dilakukan sebagai upaya untuk memperbaiki hubungan yang pernah memburuk antara AS dan China, terjadi pada bulan Maret di bawah pemerintahan Presiden AS Joe Biden.

Pertemuan di Alaska, China menuduh AS melakukan kebijakan yang hegemonik, sementara Amerika Serikat menganggap bahwa China memiliki kesombongan.

Pada pekan depan, Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin akan berkunjung ke Singapura, Vietnam dan Filipina, sementara Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken akan pergi ke India, salah satu upaya AS dalam mengintensifkan keterlibatan ketika China melawan pengaruh Washington di Asia.

Baca Juga: LIVE STREAMING Badminton Indonesia Opimpiade Tokyo 25 Juli 2021

Hubungan antara kedua negara yang pernah memburuk membuat para ahli kebijakan luar negeri tidak berharap untuk hasil signifikan dalam pertemuan di Tianjin, China.

Jika dialog antara kedua negara berjalan dengan baik, para ahli kebijakan luar negeri bisa memberikan bantuan dalam membangun panggung pertemuan antara Biden dengan pemimpin China Xi Jinping, pada sela-sela KTT G20 akhir bulan Oktober di Italia.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x