Wow, Ini Para Menteri yang Terjerat Skandal Korupsi

- 7 Desember 2020, 01:03 WIB
KPK
KPK /Pikiran-Rakyat.com/

PRIANGANTIMURNEWS - Genderang Reformasi, ditabuh untuk melawan rezim Orde Baru, yang sarat dengan praktik KKN (Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme).

Untuk menumbangkan praktik KKN, suap, gratifikasi yang telah menggurita itu, lembaga ad hoc Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pun dibentuk.


Namun apa terjadi. Ternyata, tujuan reformasi yang ingin memberangus praktik KKN tak berjalan mulus, sebab ada pejabat negara yang justru terjerat kasus korupsi.

Baca Juga: Vaksin Covid-19 Sinovac Tiba di Indonesia, Jumlahnya 1,2 Juta Dosis

Berikut adalah sejumlah menteri yang pernah terjerat kasus korupsi di era reformasi:

1. Hari Sabarno

Hari Sabarno adalah Menteri Dalam Negeri pada Kabinet Gotong Royong (Megawati Soekarnoputri-Hamzah Haz) yang terjerat kasus korupsi pengadaan mobil pemadam kebakaran yang menyebabkan kerugian negara sekitar Rp97,2 miliar.

Majelis Hakim Pengadilan Tipikor menjatuhkan hukuman pidana dua tahun dan enam bulan penjara kepada Hari Sabarno yang dinyatakan terbukti bersalah melakukan pidana korupsi dengan penunjukan langsung PT Satal Nusantara dan PT Istana Saranaraya sebagai perusahaan yang ditunjuk dalam pengadaan 208 mobil damkar di 22 wilayah seluruh Indonesia pada 2003 hingga 2005.

Baca Juga: Bupati Jeje: Belum Terjadi Klaster di Sektor Pariwisata

Hukuman terhadap Hari Sabarno ditambah menjadi lima tahun setelah Mahkamah Agung (MA) mengabulkan kasasi jaksa penuntut umum (JPU) dengan nomor 1482/PIDIS 2012 yang membatalkan vonis PN Tipikor yang menghukum Hari Sabarno 2,5 tahun penjara.

Halaman:

Editor: Ahmad Ramadan

Sumber: antaranews


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x