Ratusan Santri Positif Covid-19, Pesantren Persis Benda Kota Tasikmalaya Dikarantina

- 16 Februari 2021, 21:35 WIB
Personel Satgas Penanganan Covid-19 Kota Tasikmalaya, memeriksa santri yang akan dievakuasi ke tempat isolasi, pada Senin, 15 Februari 2021.
Personel Satgas Penanganan Covid-19 Kota Tasikmalaya, memeriksa santri yang akan dievakuasi ke tempat isolasi, pada Senin, 15 Februari 2021. / Priangantimurnews Rommy Roosyana/

PRIANGANTIMURNEWS - Pondok Pesantren Persatuan Islam (Persis) 67 di Jalan Benda, Kelurahan Sukamanah, Kecamatan Cipedes, Kota Tasikmalaya, dikarantina sementara setelah ratusan santrinya terkonfirmasi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Tasikmalaya, Muhammad Yusuf mengatakan, dari 832 sampel tes swab yang diperiksa Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Provinsi Jawa Barat, hasilnya 380 orang dinyatakan positif Covid-19.

Setelah para pasien terkonfirmasi positif Covid-19 diisolasi kata Yusuf, pihaknya menerapkan sistem karantina sementara untuk pesantren itu. Seluruh penghuni dilarang keluar masuk lingkungan pesantren.

Baca Juga: Menkopolhukam Komentari UU ITE,  Mahfud MD: Mari Kita Buat Resultante Baru, Ini Kan Demokrasi

"Untuk sementara di-lockdown dulu, tidak boleh ada yang keluar-masuk pesantren. Semua kebutuhan mereka ditanggung pemerintah," ujarnya.

Sebelumnya, ratusan santri dan puluhan pengajar dievakuasi dengan mengerahkan 21 ambulan untuk diisolasi di beberapa lokasi pada Senin, 15 Februari 2021 sore.

Para pasien terkonfirmasi positif Covid-19 kata Yusuf, ditempatkan di tiga lokasi, sebagian besar difokuskan di Hotel Crown, yang tak jauh dari lokasi pesantren.

Baca Juga: Ashanty dan Ketiga Anaknya Positif Covid-19, Inilah Kronologinya

Sementara sebagian santri lainnya ditempatkan di Rumah Sakit Dewi Sartika, Kecamatan Kawalu, Kota Tasikmalaya. Sisanya, diisolasi di lingkungan pesantren karena keterbatasan kapasitas ruang isolasi.

"Sisanya, ada 100 santri yang diisolasi mandiri di pesantren. Penempatan disesuaikan dengan kondisinya hasil pemeriksaan tim medis," katanya.

Halaman:

Editor: Muh Romli


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x