Ngapain Kuliah Tinggi-tinggi, toh Ujungnya Cuma Kerja gitu. Simak Penjelasannya !

- 21 Maret 2022, 13:36 WIB
 Ikustrsi  wisuda, mahasiswa mengangkat toga di dasari dengan sebuah kebanggaan
Ikustrsi  wisuda, mahasiswa mengangkat toga di dasari dengan sebuah kebanggaan /pexels  /
PRIANGANTIMURNEWS - Masuk ke dunia kerja itu beragam faktornya. Bisa karena ijazah, relasi, kemampuan, pengalaman, keberuntungan, hingga fisik atau faktor x lainnya.

Sering kita lihat latar belakang ijazah tidak selaras dengan dunia kerja yang ia masuki. Namun pada akhirnya ternyata bisa survive bahkan mencapai achievement yang maksimal. Ingat, pada dasarnya potensi kitalah yang harus dikembangkan.

Sebenarnya Pendidikan Tinggi itu berfungsi untuk:
1. Mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa.
 
Baca Juga: Profil dan Biodata Roby Satria, Gitaris Geisha yang Kembali Ditangkap Karena Kasus Narkoba

2. Mengembangkan Civitas Akademika yang inovatif, responsif, kreatif, terampil, berdaya saing, dan kooperatif melalui pelaksanaan Tri Dharma.

3. Mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan memperhatikan dan menerapkan nilai Humaniora.

Kita juga harus punya tujuan kuliah dengan tujuan yang ingin diraih dengan berkuliah agar tidak menjadi "asal lulus kampus".

Tujuannya bisa karena ingin mendapat pengetahuan lebih banyak, menambah jejaring, menambah pengalaman, mendapatkan pekerjaan yang diinginkan, membuat orang tua bangga pada kita, atau sekedar menambah gelar. Semua tujuan itu sah-sah saja.
 
Baca Juga: Jalin Silaturahmi, Warga Binaan dan Petugas Lapas Tasikmalaya Gelar Pertandingan Persahabatan

Maka mindset kita bahwa "tidak kuliah tinggi sama dengan karena serabutan" dan "kuliah tinggi pasti kerja berjabatan tinggi."

Sehingga yang harus diubah, yang membedakan kuliah tinggi dan tidak, kuliah tinggi itu bukan pekerjaan semata namun ada pengalaman dan cara berfikir yang bisa kita dapatkan hanya dengan kuliah tinggi.

Dalam in Podcast Ruang Sandi pada tahun 2020 lalu Cinta Laura berkata bahwa:

"Going to the university really help me to figure how to view the world, how to look at things with many different perspective, thought how to think "
 
Baca Juga: Ramalan Zodiak Capricorn Hari Ini, Senin, 21 Maret 2022: dari Kehidupan, Asmara, hingga Keuangan

Sehingga bertemu berbagai orang dengan berbagai background berbeda-beda itu sangat valuable. Dan itu experience yang kita nggak bakal dapetin kalau kita nggak kuliah.

Jadi kita tidak perlu merasa sia-sia sudah berkuliah tinggi. Kita pun tidak perlu merasa minder karena tidak kuliah tinggi. Tidak perlu juga kita meremehkan antara dua hal itu.

Justru harusnya kita saling mendukung. Dan yang terpenting ialah terus membekali diri agar kita bisa berguna bagi sekitar kita, nusa dan bangsa.***
 
 
 
 
 

Editor: Muh Romli

Sumber: Zona Diskusi fuzyfirdazhan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x