Ingin Menikah, Simak Tiga Persiapan Fisik Calon Pengantin

- 25 Maret 2021, 09:34 WIB
ilustrasi persiapan pengantin
ilustrasi persiapan pengantin /pexels/

PRIANGANTIMURNEWS – Menikah merupakan ibadah terpanjang dalam menjalani kehidupan, dan terhindar dari dosa besar seperti berzina.

Untuk melaksanakan momen sakral menjadi raja ratu sehari haruslah dipersiapkan sedini mungkin dan dipikirkan dengan matang.

Salah satu persiapan yang harus diperhatikan oleh para calon pengantin adalah persiapan secara fisik. Persiapan fisik nampak mudah dan dapat dilihat dengan kasat mata, tapi jangan disepelekan dan dianggap remeh karena akan berdampak buruk pada proses perjalanan pernikahan.

Baca Juga: Bupati Jeje Melirik TPST Jambangan Penghasil Energi Listrik Milik Pemkot Surabaya

Dilansir priangantimurnews.com dari Buku Menikah Islam Karya Insan dan Nia menjelaskan, persiapan fisik saat memutuskan menikah terdiri dari tiga point penting, yaitu:

1.Usia
Dalam mencari jodoh, faktor usia menjadi pertimbangan tersendiri dari para calon pengantin, sehingga banyak misteri yang harus diungkap saat pencarian jodoh.

Dalam dunia medis, usia manusia diklasifikasikan menjadi usia kronologis dan usia psikologis. Usia kronologis merupakan penambahan angka setiap tahunnya misalnya usia 11, 12, 13 tahanu dan seterusnya.

Sedangkan, usia psikologis merupakan potret perkembangan pemikiran, mental, dan kedewasaan seseorang dalam menjalani kehidupannya. Jadi, tuanya usia seseorang tidak menjamin kedewasaan pada psikologisnya.

Baca Juga: Ingat Puasa Qodho Wajib Dibayar, Berikut Waktu untuk Melaksanakan Puasa Qodho

Akan tetapi alangkah baiknya, jika menikah disertai dengan usia yang telah siap dengan kedewasaan menjalani biduk pernikahan. Jika terlalu tua dan muda maka akan terjadi permasalahan yang tidak ingin terjadi dan bahkan berujung perceraian.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Buku Menikah Sehat dan Islam Karya Dr. Nia Kurniasih dan Ihs


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x